Saturday, May 7, 2011

Mimpi di Siang Bolong

          Ocha dan Maya sedang asyik mengobrol di depan kelas mereka sambil menunggu bel istirahat usai. Mereka biasa hanya mengobrol di depan kelas waktu jam istirahat daripada nongkrong di kantin tempat yang nggak pernah sepi itu, apalagi kalo udah jam istirahat kayak gini nggak kebayang deh, keluar-keluar bisa jadi tempe penyet, fuh…
          Tapi kebiasaan itu berubah saat Maya mulai menyukai ketua tim basket sekolah mereka. Dan Ocha sebagai sahabatnya sejak kecil selalu ikut ide gila Maya yang mencari alasan apa pun untuk bisa keluar jam istirahat lebih awal. Ya tujuannya cuma satu, untuk mendapat bangku kosong di kantin yang kalo udah jam istirahat diserbu anak-anak.
          Dan biasanya Maya ijin ke toilet pas 5 menit terakhir biar bisa langsung tancap ke kantin. Tapi alasan itu nggak bisa terus-terusan dipakek soalnya pasti lama-lama gurunya curiga, dan alasan lainnya misalnya, pura-pura sakit terus ke UKS. Pertama kali pake jurus ini temen-temen pada heran, soalnya kalo orang sakit kenapa bisa langsung nongkrong di Kantin? Sampai akhirnya semua temen-temen deket mereka tau kalo Maya pengen ngapelin sang ketua tim basket, namanya Rio…
         ”Gila May, hampir aja kita nggak dapet bangku di Kantin…”
         ”Iya nih Cha, habis tadi pak Jo pake ngasih ulangan dadakan segala lagi…”
         Dan orang yang dinanti-nanti pun dateng. Ocha menggeser kaki Maya, memberi tanda. Seperti biasa muka Maya langsung memerah kayak tomat. Untuk pertama kalinya Rio duduk di deket mereka, tapi tepatnya di sebelah Ocha, dan Maya yang mengambil duduk di hadapan Ocha mengumpat-ngumpat sendirinya, Ocha jadi ngerasa nggak enak. Tapi pas Ocha geserin pantatnya menjauh dari Rio, dia malah menggeser dirinya sampai menempel pada Ocha, ternyata ada temennya Rio yang baru saja ikut duduk. Ocha ngerasa terancam, nggak maksud banget bikin sahabatnya itu jealous. Rio bener-bener nggak bisa diem, selalu ketawa sama temen-temennya, bercanda pake kode gitu. Sekilas Ocha ngeliat wajah Rio memerah.
         Ocha langsung menarik tangan Maya tanpa menghabiskan makanannya sedikit pun. perasaannya nggak enak pas melihat Rio tadi…
         ”Cha, enak banget deh kamu bisa duduk sedeket itu sama Rio…” katanya datar. Maya ngomong sama Ocha, tapi pandangannya lurus ke papan tulis.
         ”Kamu ngomong apa sih May? Aku nggak seneng sama sekali kok…”
         Nggak tau kenapa Ocha berat banget rasanya pas ngomong ”nggak seneng sama sekali”, itu karena dia nggak ngerasain apa yang dia ucapkan itu. Kenyataannya tadi dia deg-degan banget, bahkan sebenernya nggak pengen banget bangun dari bangku sebelah Rio.
         Ocha tersadar dari pikirannya itu, tapi masih bertanya-tanya dalam hati, dosa nggak sih kalo suka sama orang yang disukain sama sahabat kita? Harus kah Ocha mengorbankan persaannya sendiri, demi sahabatnya? Kenapa harus Rio orang yang Ocha suka?
         ”Cha? Kamu kenapa?” Maya mencubit pipi Ocha yang tembem itu sampai dia sadar.
         ”Ah? Nggak kenapa-napa kok May…” Ocha tersenyum simpul.

No comments: