Saturday, March 19, 2011

Breaking Dawn



Bella dan Edward akhirnya menikah dan tentu saja dengan izin Charlie dan Renee yang walau awalnya keberatan tapi akhirnya mengijinkan. Jacob datang ke acara perkawinan Bella dan Edward walau dengan hati yang sangat terluka karena Bella tidak memilih dia sebagai pasangan hidupnya. Jacob akhirnya bisa menerima kalau cinta Bella hanya untuk Edward.

Mr dan Mrs.Cullen tersebut berbulan madu di sebuah pulau terpencil milik keluarga Cullen di Brasil. Dalam bulan madu selama dua minggu itu, Bella merasa perutnya makin membesar dan mengetahui kalau ia sedang dalam kondisi hamil. Edward kaget, tidak menyangka kalau dirinya yang walau vampir tapi tetap bisa menghamili Bella. Bahkan Carlisle pun shock dan tidak tahu apa yang harus dilakukan karena ini baru pertama kalinya terjadi dimana seorang vampir bisa menghamili manusia.

Kehamilan yang aneh, karena hanya dalam hitungan seminggu sejak Bella diketahui hamil, bayi itu lahir. Prosesnya sangat menyakitkan karena janin itu tumbuh besar hanya dalam beberapa hari dan memaksa keluar dari perut Bella. Bella yang nyaris mati karena 'dimakan' bayinya yang vampir itu akhirnya mendapat suntikan racun Edward. Jacob telah menyetujui hal ini karena dia tidak ingin Bella mati.
 
Namun, Sam dan werewolf lain selain Jacob ingin membunuh bayi yang ada dalam kandungan Bella karena mereka khawatir bayi tersebut nantinya malah akan membahayakan penduduk sekitar daerah tersebut. Jacob, Seth dan Leah melindungi keluarga Cullen dari serangan werewolf pimpinan Sam namun nampaknya Sam bertindak bijak dan membicarakan kembali hal tersebut terutama soal kesepakatan yang harus diubah karena keluarga Cullen masih berharap bayi tersebut nantinya bisa dikendalikan.


Bayi perempuan tersebut diberi nama Reneesmee dan dia adalah vampir sama seperti ayahnya. Akan tetapi bayi itu ternyata punya kemampuan yang terbalik dengan Edward. Ia bisa menyampaikan pikirannya pada orang lain hanya dengan menyentuhnya saja dan orang tersebut akan tau isi pikiran Renesmee. Ia tumbuh sangat cepat menjadi setara anak usia 2 tahun dalam beberapa hari saja. Jacob pun bahkan jatuh cinta pada Renesmee dan meng-imprint bayi tersebut (peristiwa seorang werewolf untuk mengetahui jodohnya, yang mana bisa melahirkan keturunan werewolf nya kelak). Nah, Jacob tak sengaja meng-imprint Renesmee, jelas Bella kaget karena itu berarti kelak Jacob adalah menantunya, alias pasangan hidup dari Renesmee.

Charlie tidak mengetahui kalo Renesmee adalah anak Edward dan Bella walau wajahnya mirip sekali dengan mereka. Bella merahasiakan soal kevampiran mereka dan mengatakan Renesmee adalah anak adopsi. Hal itu supaya Charlie tidak curiga dengan keluarga Cullen. Namun demikian, Charlie tetep menganggap Renesmee adalah cucunya.

Kebahagiaan menjadi vampir yang bisa mengandalikan hawa nafsu memakan darah dirasakan Bella. Ia juga ternyata imun terhadap kekuatan2 vampir lain, dengan kata lain, vampir lain tak bisa menyakitinya dengan kekuatan2 mereka. Bella adalah vampir perisai karena dapat melindungi dirinya dari serangan vampir lain. Suatu kekuatan supranatural yang sangat unik dan satu-satunya. Bahkan ia pun ternyata lebih kuat dari Emmett dan Edward.

Irina yang dendam pada werewolf karena telah membunuh Laurent (soal pembunuhan Laurent, dapat dibaca di novel New Moon), mengintai Bella, Jacob dan Renesmee ketika mereka berburu dihutan. Ia menyangka Renesmee adalah anak immortal (anak yang sebelumnya manusia tapi dijadikan vampir) dan mengadukannya pada keluarga Volturi. Keluarga Volturi merasa perlu menegakkan peraturan karena mereka tidak memperbolehkan adanya anak immortal. Alice yang dapat melihat kedatangan keluarga Volturi merasa perlu mencari saksi-saksi yang dapat membatalkan keputusan keluarga Volturi. Mereka mendatangkan vampir2 yang mereka kenal untuk jadi saksi bahwa Renesmee bukan anak immortal dan yang adalah vampir sejak lahir.

Saksi-saksi tersebut datang dan mereka semua kebanyakan sangat fantastis, alias punya kemampuan-kemampuan supranatural yang mengagumkan. Seperti misalnya keluarga Tanya dari Denali yang salah satu anggota keluarganya yang bernama Kate punya kemampuan mengalirkan aliran listrik dan menyetrum untuk melumpuhkan vampir lain, Shioban dari Irlandia yang pengharapannya bisa menjadi kenyataan, Zafrina dari Amazon yang dapat melumpuhkan musuh dengan memunculkan ilusi, Eleazar yang dapat melihat bakat-bakat supranatural vampir-vampir lain, Benjamin dari Mesir yang menguasai alam dan dapat memerintahkan air, tanah, bumi dan api untuk melumpuhkan musuhnya, mereka semua datang dengan semua kawan-kawan vampir mereka untuk menjadi saksi bahwa Renesmee bukan anak immortal. Ah ya, mereka juga akan dibantu 16 werewolf yang akan membantu melindungi Renesmee jika nantinya mereka memang harus bertempur demi melindungi Renesmee.

Puluhan vampir tersebut tinggal bersama-sama di rumah keluarga Cullen sampai waktunya tiba keluarga Volturi akan datang. Pada hari yang diramalkan Alice, keluarga Volturi bener2 datang dan mereka mereka membawa saksi dengan jumlah yang lebih banyak. Carlisle dan Edward berhasil meyakinkan Aro, sang pimpinan Volturi untuk melihat kebenaran lewat pikiran Renesmee dengan menyentuhnya. Aro akhirnya percaya kalo anak itu bukan anak immortal. Salah seorang saksi teman keluarga Volturi yang bernama Charles dapat mengetahui saat itu juga bahwa keluarga Cullen dan saksi-saksinya serta para werewolf tidak berbohong soal Renesmee. Renesmee adalah separuh vampir separuh manusia yang bertumbuh dan bukanlah anak immortal. Irina yang dianggap telah memberikan pengaduan palsu, langsung dibunuh secara keji oleh keluarga Volturi.

Namun Caius, yang haus kekuasaan dan sok mengatur itu meyakinkan Aro untuk tetep menyerang keluarga Cullen dan saksi2nya (plus werewolf nya) karena ia khawatir existensi Renesmee nantinya malah akan membuka rahasia keberadaan para vampir didunia ini yang selama ini tersembunyi. Bella sudah sangat jengkel dengan keluarga Volturi dan membentangkan perisai tak terlihat sehingga kekuatan Jane (yang dapat melumpuhkan lawan dengan hanya memandangnya) dan Alec (yang dapat membuat buta semua panca indera lawannya) tak dapat menembus kekuatan perisai Bella. Bella dapat melindungi keluarga dan teman2nya.

Alice dan Jasper yang pergi tak diketahui selama berminggu-minggu itu akhirnya kembali disaat genting tersebut dengan membawa seseorang yang sama seperti Renesmee, yaitu anak vampir sejak lahir, anak hasil benih vampir yang tumbuh di perut manusia. Adalah Nahuel, yang adalah hasil 'percobaan' ayahnya yang vampir dengan menghamili manusia biasa. Lahirlah Nahuel dengan cara yang tak lazim, dengan menggigiti perut ibunya untuk keluar dari perutnya. Nahuel adalah vampir asli sejak lahir dan ia tak berbahaya bagi manusia. Dengan melihat Nahuel, yakinlah keluarga Volturi bahwa Renesmee akan tumbuh dewasa dan tidak berbahaya bagi existensi vampir2 yang telah ada sebelumnya. Mereka pun meninggalkan padang rumput yang menjadi tempat pertemuan tersebut dengan damai. No war at all. Saksi-saksi bagi Renesmee telah mengikat tali persahabatan dan persaudaraan diantara mereka. Mereka berharap suatu hari nanti, keluarga Volturi bisa diruntuhkan karena udah menetapkan peraturan-peraturan yang nampaknya tidak sesuai dengan porsi mereka dan bertindak sok berkuasa terhadap vampir-vampir lain.



THE END

No comments: